fbpx
    nvidia gtx 40 series

    Nvidia Resmi Umumkan RTX 40 Series

    RTX 4080 dan 4090 siap diluncurkan.

    NvidiaSetelah berbulan-bulan rumor dan spekulasi bertebaran, Nvidia akhirnya secara resmi mengungkapkan graphic card generasi selanjutnya, RTX 40 Series. RTX 40 Series akan menjadi seri terbaru setelah RTX 30 Series yang dirlis dua tahun lalu.

    Informasi ini diumumkan pada keynote oleh CEO Nvidia Jensen Huang dalam acara GTC 2022. Huang mengungkapkan tiga seri yang akan dipasarkan; RTX 4090 24GB akan dirilis 12 Oktober dengan banderol $1599 (kurang lebih 24 juta rupiah), RTX 4080 16GB dengan banderol $1199 (kurang lebih 18 juta rupiah) dan RTX 4080 12GB dengan banderol $899 (kurang lebih 13,5 juta rupiah) yang akan dirilis November mendatang.

     

     

    Dalam presentasinya, Jensen Huang mengungkapkan detail mengenai arsitektur grafis baru RTX 40 Series, arsitektur Ada Lovelace. “Arsitektur Ada memfiturkan generasi ketiga RTX yang memamerkan real-time path tracing dan termasuk Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3.0, yang meningkatkan frame dan performa game sampai dua kali lipat,” ujarnya.

     

    Berikut fitur yang ditawarkan Nvidia dalam RRTX 40 Series:

     

    • Streaming multiprocessors dengan lebih dari 83 teraflop shader power, 2 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya.
    • Third-generation RT Cores dengan lebih dari 191 ray-tracing teraflops, 2,8 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya.
    • Fourth-generation Tensor Cores dengan lebih dari 1,32 Tensor petaflop, 5 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya dengan FP8 acceleration.
    • Shader Execution Reordering (SER) yang meningkatkan efisiensi eksekusi, performa 3 kali lipat lebih tinggi dan frame rate in-game meningkat hingga 25%.
    • Ada Optical Flow Accelerator dengan performa 2 kali lipat lebih cepat, yang membuat DLSS memprediksi pergerakan dalam sebuah adegan sambil tetap mempertahankan kualitas gambar. with 2x faster performance allows DLSS 3 to predict movement in a scene, enabling the neural network to boost frame rates while maintaining image quality.
    • Architectural improvements dilengkapi dengan teknologi custom TSMC 4N yang menghasilkan penggunaan daya 2 kali lipat lebih efisien.
    • Dual NVIDIA Encoders (NVENC) membuat waktu export setengah lebih cepat dan mendukung AV1. NVENC AV1 digunakan oleh OBS, Blackmagic Desing DaVinci Resolve, Discord, dan masih banyak lagi.

     

    Dengan harga selangit tersebut, Nvidia menjanjikan performa game dua sampai empat kali lebih baik dari generasi sebelumnya. Walaupun dengan fitur yang kompleks, Nvidia RTX 40 Series tidak membutuhkan lebih dari 500 watts. Seri ini akan menjadi ‘lompatan kuantum’ bagi para gamer dan creator, dan menjadi standar baru bagi industri.

     

    Kultur Klub tertarik untuk membeli RTX 40 Series ini? Wah, siap-siap abisin tabungan deh…

     

    Baca juga: Berita Penting dari Tokyo Game Show 2022

    Share:

    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on whatsapp
    WhatsApp
    Share on email
    Email

    Leave A Reply

    On Key

    Recent News