fbpx
    Ulang Tahun Marvel Comics

    Selamat Ulang Tahun ke-83, Marvel Comics!

    Happy birthday, Marvel!

    Tanggal 31 Agustus diperingati sebagai hari ulang tahun perusahaan penerbit komik nomor satu di dunia, Marvel Comics! Menurut Previews World, sampai saat ini Marvel Comics adalah perusahaan dan penerbit komik dengan nilai saham terbesar di dunia. Sampai pada tahun 2019, Marvel memegang 40,20% dari penjualan komik di seluruh dunia! Angka yang luar biasa untuk satu perusahaan dengan persaingan yang ketat.

    Tahukah kalian kisah perusahaan Marvel berdiri? Dalam semarak perayaan ulang tahun Marvel Comics, kali ini Subkultur akan membahas perjalanan perusahaan ini sejak didirikannya hingga saat ini!

     

    Sebelumnya Bernama Timely Comics

     

    Martin Goodman adalah seorang pekerja di penerbit pulp-magazine atau majalah fiksi sejak 1933. Ia merasa ingin mendirikan sebuah perusahaan yang berfokus pada media komik, yang pada saat itu memang sedang populer. Pada tahun 1939, ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan penerbit yang berfokus pada komik dengan nama Timely Publications. Bertempat di 330 West 42nd Street, New York City, ia dan adiknya Abraham Goodman bekerja sama dan menerbitkan lini komik pertamanya.

     

    Komik Pertama Terbitan Timely

     

    Judul komik pertama terbitan Timely adalah Marvel Comics #1, yang menampilkan Human Torch ciptaan Carl Burgos serta Namor the Sub-Mariner ciptaan Bill Everett. Komik ini sukses besar di pasaran, dengan penjualan sebanyak 900,000 di cetakan pertama dan kedua. Pada tahun-tahun berikutnya, anggota pekerja Timely bertambah. Editor-penulis-seniman Joe Simon bekerja sama dengan Jack Kirby dan menciptakan tokoh superhero dengan tema patriotis pertama, Captain America, dalam seri Captain America Comics #1 yang rilis Maret 1941. Seri ini juga laku keras dan mencetak penjualan sebanyak satu juta eksemplar.

     

    Marvel Comics, komik pertama terbitan Timely Comics

     

    Kontribusi Stan Lee untuk Timely

     

    Goodman, pada tahun 1939, mempekerjakan sepupu istrinya yang berumur 16 tahun, Stanley Lieber, sebagai asisten kantor Timely. Saat Joe Simon hengkang di akhir tahun 1941, Goodman mengangkat Lieber menjadi editor komik di balik pseudonim “Stan Lee.” Ia mempertahankan posisinya tersebut selama berpuluh-puluh tahun dan memberi kontribusi pada sejumlah judul komik yang berbeda. Stan Lee telah menjadi ikon dan ‘Bapak’ Marvel Comics, bahkan setelah kematiannya di tahun 2018 di umurnya yang ke-95, yang meninggalkan duka mendalam pada pecinta komik dan pop-culture.

     

    Stan Lee, Bapak Marvel Comics

     

    Timely, Atlas, dan Akhirnya Marvel

     

    Pada tahun 1951, nama Timely Comics berubah menjadi Atlas Comics. Nama Marvel Comics baru muncul di tahun 1961, tahun di mana The Fantastic Four muncul, serta tokoh superhero lain yang diciptakan oleh Stan Lee, Jack Kirby, Steve Ditko, dan seniman lainnya. Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 27,000 komik yang telah diterbitkan Marvel Comics. Dengan pencapaian luar biasa di media lain seperti film, animasi, video game hingga merchandise, popularitas Marvel Comics tentunya masih jauh dari kata ‘selesai’.

     

    Terima kasih Marvel Comics, karena telah menemani masa kecil kita hingga sekarang!

     

    Baca juga: Marvel Comics Umumkan Timeline Project ‘Timeless’

    Share:

    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on whatsapp
    WhatsApp
    Share on email
    Email

    Comments are closed.

    On Key

    Recent News