fbpx

    Mengenal Jenis Mainan Tin Toys

    Lahir dari revolusi industri manufaktur di pertengahan abad ke-19

    Sekali dua kali kita pasti pernah menemui sebuah mainan kaleng yang bisa bergerak setelah diputarnya sebuah tuas seperti kunci. Mainan tersebut adalah Tin Toys, sebuah jenis mainan yang terbuat dari gulungan timah (Tinplate) menjadi sebuah bentuk seperti; Robot-robotan, Otomotif hingga bentuk Hewan.

    Di era modern, mainan ini memang tidak cukup populer. Tidak banyak brand atau pabrikan yang berfokus memproduksi mainan Tin Toys. Karena kompleksitas bentuk dan keamanan untuk anak kecil. Karena bahannya yang terbuat dari timah, besar kemungkinan anak-anak kecil dapat terluka ketika main. Terlebih lagi jika berumur lama mainan ini rentan karatan.

    Tin Toys kini dipandang sebagai barang antik. Tidak sedikit sebuah museum-museum mainan ini dibuat oleh para penggemarnya. Sama seperti Sofubi, mainan ini memang memiliki ciri khas bentuk, warna cerah dan keunikan yang memikat anak-anak hingga dewasa ketika memandangnya.

    Sejarah mainan Tin Toys

    Tin Toys di abad ke-19

    Tin Toys lahir dari revolusi industri manufaktur di pertengahan abad ke-19. Pada era tersebut lumrahnya, mainan anak-anak terbuat dari kayu, tanah liat dan kain. Sampai akhirnya sebuh invensi baru pada mesin yang dapat memanipulasi bentuk dari pelat timah lahir di sekitar tahun 1815. Pada awal abad ke-20, Jerman memprakrsai Tin Toys mekanis atau yang lebih dikenal sebagai Wind up toy. Mainan ini memiliki tuas untuk diputar yang membuat mainan bisa bergerak. Kecanggihan Jerman dalam membuat mainan ini tidak bisa tertandingi. Selepas Perang Dunia Pertama, barulah Amerika Serikat memimpin pasar untuk Tin Toys.

    Tidak hanya di negara barat, Jepang juga menjadi salah satu negara yang memiliki industri mainan Tin Toys. Ketika Perang Dunia ke-2 usai, Amerika Serikat menjalin perjanjian import produk dari Jepang. Salah satunya adalah Tin Toys. Jepang memiliki keunikan sendiri pada produk mainan yang dihasilkan. Mulai dari warna yang lebih cerah dan tema yang lebih menggugah untuk anak-anak. Seperti tema circus, spaceship dan superhero. Sebelum akhirnya pasar mainan ini merosot dalam perdagangan.

    St. John

    Kini hanya negara China yang masih eksis memproduksi mainan timah ini. Salah satunya yang populer di koleksi adalah keluaran dari St. John. Dimana brand mainan ini mencoba merepresntasi ulang desain-desain Tin Toys yang populer pada masanya.

    Bentuk-bentuk Tin Toys yang populer

    Jenis mainan Tin Toys memang hanya dua. Wind up toys (bisa bergerak) dan jenis sederhana (statis). Namun ada beberapa bentuk populer yang banyak di koleksi seperti:

     

    Kira-kira jadi timbul niat buat punya koleksi antik kaya Tin Toys gak nih?

     

     

     

     

    Share:

    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on whatsapp
    WhatsApp
    Share on email
    Email

    Comments are closed.

    On Key

    Recent News